Rabu, 04 Juli 2012

Pengertian Sprei



Sprei adalah bagian persegi panjang dari kain linen atau katun yang digunakan untuk menutupi kasur . Di banyak daerah di dunia, sprei diletakkan di atas menutupi kasur. Sprei biasanya dikombinasikan dengan selimut maupun bed cover agar menambah fungsi selain sebagai alas penutup kasur selimut maupun bed cover berfungsi untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba.

Sprei datang dalam dua varian utama yaitu rata atau sepasang. Sebuah lembaran datar hanyalah selembar kain persegi panjang, sementara seprai memiliki empat sudut, dan kadang-kadang dua atau empat sisi, dilengkapi dengan elastis , untuk digunakan hanya sebagai lembaran bawah. Lembar pas juga dapat dijamin menggunakan kolor bukan elastis. Tujuan dari selembar bawah dipasang adalah agar tidak tergelincir dari kasur sambil tidur sedang digunakan. Sebuah cara tertentu melipat dan menyelipkan sementara membuat tempat tidur, yang dikenal sebagai "sudut rumah sakit," kadang-kadang digunakan ketika lembar bawah adalah datar bukan dipasang.

Sprei secara tradisional putih, tapi warna sekarang berbagai pola yang digunakan. Kualitas seprai sering disampaikan oleh thread count - jumlah thread per inci persegi bahan. Secara umum, semakin tinggi jumlah benang, lebih lembut lembar, tetapi menenun dan jenis benang dapat mempengaruhi "tangan" material sehingga lembar dengan thread count yang lebih rendah sebenarnya bisa lebih lembut dari satu dengan jumlah yang lebih tinggi.
Bahan umum termasuk, namun tidak terbatas pada kapas , linen , satin , sutra , rayon , serat bambu , dan campuran antara katun dengan polyester. Bahan baru seperti nonwoven polypropylene kain sprei memungkinkan untuk menjadi berkat pakai untuk harga rendah mereka. Setelah digunakan di tempat penampungan darurat atau rumah sakit, ini sprei pakai sekarang digunakan di hotel juga.
Biasanya sprei datar overlocked sekitar tepi untuk membentuk empat jahitan . Salah satu jahitan lebih lebar dari tiga lainnya dan membantu dengan berorientasi lembaran dengan benar pada kasur . Lebih lebar jahitan pergi pada akhir kepala kasur . Kadang-kadang sisi tidak memiliki jahitan, tetapi selesai dengan tepi tenunan yg dianyam saja. Ketika seseorang membuat tempat tidur , yang bermotif atau monogram sisi lembar atas ditempatkan menghadap ke bawah dan kemudian tepi atas dilipat ke arah kaki tempat tidur, memperlihatkan desain.

2 komentar: